Antologi Cerpen Siswa Kelas 6 Tahun 2021

Antologi Cerpen Siswa
Source Image : Pixabay

KUNTILANAK

By : Meilisa Lutfiana Riski | Absen 07

Di sebuah desa yang bernama desa Sidomulyo . tinggallah seorang gadis yang cantik,yang bernama Anggraini. ia tinggal bersama ibunya yang sudah tua .yang bernama nyai Roro Ajeng yang biasa di panggil Ajeng.Kehidupan mereka sangat sederhana. Anggraini sangat menyayangi ibunya yang sudah tua.mereka berdua hidup bahagia.namun semua berubah ketika Anggraini mendapat Mala petaka,dalam hidupnya.

Suatu malam ketika ia sedang berjalan sendirian ia dihadang oleh 3 orang pemuda yang ingin membegal nya.ia berlari terus akhirnya ia masuk jurang dan mati.ia menjadi arwah gentayangan dan penasaran .ia mencari ketiga pemuda yang telah menyebabkan ia mati. Setiap malam ia menjadi kuntil anak .ia mencari 3 pemuda yang telah menyebabkan ia mati . dendamnya yang membara membuat ia bergentayangan.ibunya selalu menangis mencari keberadaannya,desa Sidomulyo menjadi seram setiap malam tiadak ada yang keluar rumah . Semua takut akan teror gadis cantik kuntilanak.

Sampai akhirnya ia bisa membunuh ke tiga pemuda itu.dendamnya terbalaskan , kemudian para warga mencari keberadaan jenazah Anggraini. Mereka menguburkannya dengan layak.desa Sido Mulyo kembali tenang dan damai.

ANI JUARA LOMBA LARI

By : Aulia Hidayatur Rohmah | Absen 01

Suatu hari Ani sedang disekolahan, Tiba-tiba semua teman teman Ani berbicara kepada ani "wahai Ani tadi pak guru menjelaskan siapa yang ikut lomba lari besok? " Kata teman teman Ani. Ani berfikir ingin ikut, dan Ani mencoba berlatih lari. saat itu disekolah ada percobaan antar kelas dan Ani pun berhasil dalam percobaan lomba lari, tapi Ani terus mencoba berlatih lagi supaya maju lebih baik

Suatu hari dalam perlombaan tersebut yang terpilih ikut dalam lomba lari, tersebut adalah Andi, Mina, dan Tia mereka sangat bersemangat "perlombaan dimulai hari senin dan sekarang adalah hari minggu kalian harus berlatih sungguh-sungguh" Kata pak guru

Saat itu hari senin Mina tidak masuk karena sakit dan pak guru berkata "bagaimanan ini siapa yang akan menggantikan Mina? " Tanya pak guru, Andi pun mengusulkan pertanyaannya kepada pak guru "bagaimanan kalo kita ganti Ani? Kan dia ingin ikut lomba lari? " Tanya Andi, "Apakah kamu setuju Ani?" Tanya pak guru Ani menjawab"baik Pak!! "

Saat dalam stadiun lari Ani merasa sangat binggung akan adanya perlombaan ini, dan Ani pun menuju ke start. Dan dalam perlombaan tersebut dalam ronde pertama Ani berhasil, saat memasuki babak terakhir Ani teryata menang, teryata selama ini Ani mempunyai bakat yang luar biasa dalam lomba lari " Terimakasih Ani,kamu telah membawa nama baik sekolah kita, semoga kamu bisa lebih sukses kedepannya nanti"kata pak guru."terimakasih pak"jawab Ani

TEROR DI DESA KENARI

By : Rakha Alghifari Arya | Absen 13

Di sebuah desa yg bernama desa kenari.Ada seorang gadis yg bernama ajeng.Ajeng adalah anak yg berbakat dalam menari. Di suatu hari di desa itu akan ada lomba menari antar desa.Dan Ajeng dipilih pak lurah untuk ikut lomba.Dan ada seorang gadis yg bernama Sari dia juga memiliki kemampuan menari yg sama dg Ajeng.

Sari adalah saingan Ajeng dia iri kepada Ajeng karena Ajeng yg terpilih untuk,mewakili lomba di desanya.Sari mencoba untuk mencelakai Ajeng agar ia yg akan terpilih untuk mewakili lomba itu. Dan Sari berhasil menjatuhkan Ajeng ke dalam sungai.Sari merasa bersalah dicampur dg rasa senang.

ibu Ajeng sangat sedih karena anaknya tak kunjung pulang.Ternyata Ajeng telah menjadi hantu penunggu sungai dia meneror orang orang yg ada di desa itu.Dan Sari sadar kalau hantu itu adalah Ajeng dan Sari memberanikan diri untuk meminta maaf kepada Ajeng. Dan akhirnya hantu penunggu sungai telah menghilang dan akhirnya jasad Ajeng bisa di temukan.Dan desa kenari bisa hidup aman dan tentram kembali.

BERI DAN BERU YANG LAMA TERPISAH

By : Surty Amaliyah | Absen 15

Alkisah dikisahkan ada hewan bersaudara yg bernama *Beri* dan *Beru* adalah saudara yg akur. Pada suatu hari mereka pun pergi ke mall khusus hewan. Dan mereka belanja seperlunya.Dan peristiwa pun terjadi. Mereka berpisah pada saat belanja.

Pada sore hari yg menjelang malam, *Beru* pulang ke rumahnya dimana *Beri* dan *Beru* tinggal.tapi *Beri* sangat bingung mencari jalan untuk pulang .pada akhirnya *Beri* menemukan gubuk kecil kosong.

Dengan perasaan senang, *Beri* pun sementara waktu tinggal di gubuk tersebut . Dan bermalam di situ. Setelah matahari terbit *Beri* mencari makanan sambil berusaha mencari *Beru* , dan begitu pun sebaliknya.Dan *Beri* mencari makanan dikebun ,dan kebetulan ada kebun umum dan banyak buahnya.Dan akhirnya *Beri* menemukan madu diatas pohon dan ada buah mangga yg segar.

Setelah menemukan buah yg cukup banyak dan kelihatan lezat jadi *Beri* memakan dengan lahap. Tapi disaat *Beri* makan dia tiba - tiba terhenti.Mengingat disaat anak bersaudara itu makan dengan penuh suka ria.Dan hal itu juga terjadi pada *Beru* .Tapi 2 bersaudara itu meskipun jauh dimata tapi tetap dekat di hati fan akan berusaha mencari satu sama lain dan tidak akan menyerah.

Tujuh Tahun Kemudian

*BERI* pergi ke taman bersama *KEROPI* teman kenalan *Beri*.Dan mereka pun merasakan dan menikmati udara dan pemandangan yg indah di taman tersebut.7 langkah berjalan mundur *Beri* duduk di kursi yg kebetulah bertempat disamping,dan ada seekor hewan yg kebetulan sama.dan mereka pun saling menengok satu sama lain. Dan apa yg terjadi, ternyata yg berada disamping adalah saudaranya *Beru* .

Entah apa yg membuat mereka senang,dan akhirnya mereka berpelukan dan menangis terharu.pada akhirnya mereka mengobrol dan *Beri* memperkenalkan si *Keropi* (teman kenalan *Beri*).hari pun mulai siang,nereka pun pun pulang ke rumah dimana *Beri* dan *Beru* tinggal. Mereka berdua memutuskan untuk tinggal bersama *Keropi*. Dan akhirnya mereka pun tinggal bersama dan hidup bahagia.

PERCAYA DIRI YANG MEBAWA JUARA

By : Awalia Qurrotut A'Yunina | Absen 02

Pada Suatu Hari Irina Tiba DiMadrasah,Teman²Nya Sedang Berbicara Tentang Ujian Yg Akan Diadakan Pada Bulan Yg Akan Datang.Semua Teman² Irina Sudah Siap Untuk Mengahapi UjianNya.Namun Irina Belum Mempersiapkan Dirinya Untuk Menghadapi UjianNya.

Suatu Hari Ada Teman Irina Bertanya Kpd Irina,"Hai Irina Apakah Kamu Sudah Siap Mengahadapi Ujian?" Tanya Teman Irina. Kemudian Irina Menjawab,"InsyaAllah Aku Siap!" Jawab Irina Dengan Perasaan Takut.

Hari Sudah Menjelang Siang!,Semua Teman² Irina Sudah Pulang,Disaat Perjalanan Pulang Irina Berfikir,Irina Ingin Mendapatkan Juara Namun Dia Tidak Punya Rasa Percaya Diri Untuk Mengahadapinya.Disampainya Dirumah Irina Bergegas KeTempat Belajarnya Untuk Belajar Dan Memulai Percaya Diri Dan Irina Sudah Mulai Siap Untuk Menghadapinya.

Hari Menjelang Ujian Pun Datang.Irina Dan Teman²Nya Sudah Siap Untuk Menghadapi ujian.Disitu Pak Guru Bertanya Kpd Irina Dan Teman²Nya."Selamat Pagi Anak²,Apakah Semua Sudah Siap Ujian?" Tanya Pak Guru.Kemudian Irina Dan Teman²Nya Menjawab "Sudah Pak!".Irina Dan Teman²Nya Menjawab Dengan Penuh Semangat.

Ujian Pun Dimulai,Semua Teman² Irina Mengerjakan Dengan Teliti Dan Tenang Pun Dengan Irina Yang Sudah Percaya Diri Dan Tidak Ada Rasa Takut Untuk Mengahadapinya.Disaat Ujian Selesai Pak Guru Bergegas Untuk Menyampaikan Siapa Yg Mendapatkan Juara Kelas,Dan Disaat Inilah Irina Merasa Takut,Pak Guru Menyampaikan Bahwa Yg Mendapatkan Juara Kelas Adalah Irina,Irina Bangga Dan Ikut Senang. Berkat Percaya Diri Irina Dia Bisa Meraih Juara Kelas

SETAN GENTAYANGAN

By :Nisrina Rif'atul Widad | Absen 12

di sebuah desa yang bernama wonosari.ada gadis cantik yang bernama sari. ia pandai dalam lari cepat.dan sari mempunyai saingan yang bernama wulan. pada suatu hari ada lomba lari antar desa dan pak luran memilih sari yang mewakili desa wonosari.

Satu hari kemudian sari dan pak lurah berangkat ke pertandingan itu, di separuh jalan sari dan pak lurah dibegal oleh 2 orang laki laki sari dibawa oleh ke dua begal untuk di potong kaki dan dibunuh, pak lurah juga ikut di bunuh,agar tidak ada yang tau.

di suatu malam sari menjadi arwah gentayangan sari mencari 2 orang yang telah membunuhnya,ia memiliki ras dendam pada 2 orang itu,dan akhirnya sari menemukan 2 orang itu dan membunuhnya.akhir nya terblas dendam sari pada 2 orang itu. Kemudian warga mencari jasat sari dan pak lurah itu. mereka mengubur dengan layak.

SIMANIS JEMBATAN ANCOL

By : Najwa Maulina Illya | Absen 11

Disebuah desa yang bernama makmur.ada gadis cantik yang bernama wulan. di suatu malam dia berjalan melewati jembatan dengan menggunakan baju merah dia dihadang oleh 2 orang laki laki. lalu 2 orang laki laki menjeburkan wulan di jembatan.lalu 2 orang itu pergi.

Tak lama kemudian ibu wulan mencari dan tidak ditemukan karena anaknya sudah meninggal dan menjadi hantu simanis jembatan ancol. Wulan tidak terima sampai dia menghantui desa makmur dan ingin balas dendam ke 2 orang laki laki itu.sampai akhirnya ia bisa membunuh 2 orang laki laki itu.

Dendamnya terbalaskan,kemudian para warga yang ada di desa makmur mencari keberadaan wulan.mereka menemukan jenazah wulan dipinggir jembatan lalu mereka menguburkannya dengan layak.desa makmur kembali tenang dan damai.

ISU SIBABI NGEPET

By : kevin Raykhan Pratama | Absen 08

Disuatu desa, bernama desa wonosobo, Digegerkan isu yang membuat resah warga. Banyak Warga yng mengeluhkn kehilangn uang dan harta benda, selain itu bnyk hewan peliharaan wrga yng mati. Karna hal itu, warga berinisiatif beramai ramai berjaga disuatu malam, untuk mengetahui apa asli penyebabnya.

Benar saja, ketika itu terlihat sosok semacam babi lari cepat disemak2 menuju rumah mewah,wargapun mengepung rumah itu dan menangkapnya. Setelah ketangkapan sibabi yang diduga jadi jadian itu, warga mulai tenang desapun mulai aman tentram lagi.

ANAK DURHAKA

By : Indah Nur hidayah | Absen 03

Alkisah hiduplah Ibu dankedua anaknya yang bernama sinta(perempuan)dan saiful (laki - laki). tempat tinggalnya dekat dengan Laut Kehidupannya yang sangat Miskin, menjadikan sinta dan saiful sangat durhaka .

keesokan harinya sinta dan saiful merasa kelaparan ,saiful berteriak "ibuuu dimana sarapan kami",Ibu siti bingung mencari makanan Karena dirumah tidak ada persediaan makanan, lalu Ibu siti berkata"maaf ya anak anak Ibu tidak punya makanan, sekarang kalian minum Air Putih saja ya".

lalu sinta dan saiful mengatakan"kemarin tidak ada makanan sekarang juga tidak ada bagaimana kita mau hidup Bu kalau tidak makan. Ibu berkata astagfirullahal adzim.lalu Ibu itu berfikir akan pergi kelaut untuk mencari makanan, sinta saiful Ibu berangkat dulu ya, sinta menjawab"Ibu mau kemana? Ibu berkata"ibu mau pergi kelaut untuk mencari ikan ".sinta dan saiful berteriak 'buu Cari ikan yang banyak ya'. Bahkan sinta dan saiful tidak mempudulikan ibunya.

Waktu dipinggir Laut Ibu melihat ikan kecil yang sangat banyak, kemudian ombak besar datang Dan membawa ibu itu masuk kedasar Laut, malam pun tiba sinta dan saiful khawatir kepada ibunya. lalu Mereka menunggu ibunya pulang. Pagi pun tiba Mereka merasa bingung dan berkata dimana Ibu kenapa tidak pulang pulang, terus Mereka mencari ibunya disekitar Laut dan Mereka menemukan mayat ibunya ditepi laut, mereka Menangis melihat ibunya yang telah meninggal, Sinta dan saiful meminta maaf kepada ibunya.

HANTU KEBUN

By : Nadya Shakyela Eka Fitria | Absen 10

Suatu hari ada seorang petani yg bernama pak marno yg menanam sayuran Di kebun setelah itu ada seseorang ibu ibu yg ingin membeli tanaman yg sangat subur Dan segar. Ibu itu berkata *wah.. Tanamanya subur sekali* Pak marno itu menjawab *Terimakasih banyak mau beli sayur apa* ibu itu pun menjawab *saya Akan membeli sayur bayam Dan sayur kol* Dan akhirnya Ibu itu pun membeli sayur tersebut.

setelah beberapa hari ada seorang petani yg sama menjual sayuran Dan mereka pun saling mengobrol bersama. Tapi, saat petani baru itu melihat sayurnya pak marno dia iri sebab sayuranya sangat bagus Dan sayur nya petani itu tidak bisa subur

Suatu hari petani itu melihat pak marno yg menanam sayuran lagi petani baru pun menghampiri pak marno saat pak marno menanam sayuran nya tiba-tiba dari belakang petani baru itu pun membawa pacul Dan pacul itu di tusuk kan ke leher pak marno Dan akhirnya pk marno pun tiada karna arwah nya tidak tenang arwah nya pun gentayangan Menjadi hantu kebun

Kisah merak dan burung gagak putih

By : M. Akmal Aghna Habibullah | Absen 05

Disebuah hutan hiduplah dua ekor burung merak dan gagak.penampilan mereka dahulu berbeda dengan apa yg sama,yaituh putih. Tapi sifat mereka berbeda. Merak adalah burung yg rapi,bersih,serta berpenampilan gagak adalah burung yg makan sembarangan,jarang mandi,dan tidak berpenampilan.

suatu hari merak menegur gagak!hai gagak hiduplah dengan rapi dan bersih serta berpenampilan yang indah. Suatu hari gagak datang dengan tubuh yg kotor dan penuh lumpur.sedangkan merak di hari itu terlihat putih mengkilap. Mereka membantu gagak untuk mbersihkan tubuh kotor gagak itu.setelah itu gagak kilihatan bersih dan rapi.dan mereka berdua berteman dengan baik

LIBURAN KESURABAYA

By : Ridlon Amrullah | Absen 09

suatu hari aku dan sekeluarga ku ingin liburan di surabaya dan ternyata kami sekeluarga akan pergi ke surabaya pada hari jum'at saat aku berlibur sekolah.

hari ini aku pergi ke surabaya dengan menaiki mobil.ketika di perjalanan aku melihat pemandangan yang sangat indah dan bagus. kami di perjalanan sampai disana dari jam 1 sampai jam 4. akhirnya sampai juga ke surabaya. banyak teman teman disana aku pun berkenalan dan aku sangat senang dan bahagia

GADIS YANG BAIK HATI

By : M. Radith Aditya | Absen 6

Pada suatu desa ada anak yang bernama Mirna dia gadis desa yang miskin dan dia hanya tinggal bersama ibunya di gubuk kecil. Mirna setiap hari keliling hutan dan desa untuk mencari makanan seperti nasi sisa ataupun buah2 yang sudah dibuang.

Suatu ketika diperjalanan dia mlihat seorang nenek yang kedinginan sambil merintih kelaparan" Mirna: nenek kenapa?? Ada yang bisa Mirna bantu nek?? Nenek berkata : "aku kedinginan dari kemarin belum makan, tapi aku lupa dimana rumah nenek.

Mirna hanya terdiam,,, dan segera melepaskan jaket yang kusam dan penuh sobekan itu untuk dipkaekan ke nenek itu, dan secuil roti yang ia temukan di tong sampah karena hanya itu yang Mirna punya. Setelah kenyang ternyata nenek itu ingat dimna rumahnya, dan dia segera meminta Mirna untuk mengantarkannya pulang.

Setiba di rumah ternyata nenek itu sudah ditunggu oleh keluarganya, mereka senang nenek pulang dengan baik2 saja! "Yaudah sekarang Mirna pamit ya nek! tunggu dulu Mirna sebagai ucapan terimakasih kami ini ada makanan dan uang untuk kamu, dan besok kalau habis kamu bisa datang kesini lagi ya gadis cantik.

Dibawanya sekarung ada beras, buah,sayur ,roti dll terimakasih ya Bu! Mirna mengucapkan banyak terimakasih? Akhirnya sampai di rumah Mirna dan ibunya bisa makan enak dan menikmati hari harinya tanpa harus mencari makanan bekas lagi??

MONYET PENCURI PISANG

By : Shafa Amelia Ulfa | Absen 14

Pada suatu hari ada petani yang sedang menanam pisang di kebun, petani itu merawat pisang nya hinga tumbuh menjadi subur dan berbuah lebat, Sehingga pada suatu hari pisang nya mulai masak di pohon

pada keesokan hari nya pohon pisang banyak yang rusak dan buah nya yang hilang. Petani sangat marah,hinga pada malam hari petani menunggui kebun pisang nya,alangkah kagetnya petani melihat segerombolan monyet yang sedang merusak dan mengambil pisang yang ada di kebun

keesokan harinya lagi, petani membuat jebakan untuk menangkap monyet yang sudah merusak kebun pak tani.

1 komentar

Sampaikanlah Komentar dengan baik dan bijak serta relevan
Artikel Populer