Outbond MI Bulaklo Tahun 2021

Pembelajaran dapat dilakukan di dalam maupun di luar kelas. Pembelaaran di alam luar sekolah juga dapat menjadi sumber belajar. Pendidikan perlu memiliki variasi, agar pembelajaran menjadi menyenangkan, dan mengenang bagi peserta didik.

Outbond MI Bulaklo 2021
Foto bersama peserta dan pembina outbond

Pembelajaran di lingkungan luar sekolah memiliki manfaat yang banyak. Salah satu manfaat yang didapatkan adalah pengalaman di lingkungan secara nyata dan merasakannya secara langsung. Selain itu, pendidikan di lingkungan luar sekolah juga dapat melatih emosional dan mentalitas siswa.
Emosional, mentalitas, dan pengalaman belajar perlu dimiliki oleh siswa.

Demi meningkatkan pengalaman belajar, mentalitas, dan emosional siswa dalam belajar, MI Islamiyah Bulaklo menyelenggarakan outbond pada setiap tahun. Lokasi outbond pada tahun ini bertempat di pantai Semilir Kabupaten Tuban dan dilaksanakan pada hari Kamis, 16 Desember 2021

Rute Outbond

Rute yang ditempuh dalam outbond kali ini, terdiri dari lima rute. Rute pertama menuju Sunan Bonang. Rute kedua, outbond di pantai semilir. Rute ketiga menuju pemandian. Rute keempat menuju ke Makam Asmoroqondi. Filosofi dari rute yang diambil adalah "Berawal dari hal baik dan diakhiri dengan hal baik pula"

Lokasi otbound

Outbond MI Bulaklo 2021
Outbond MI Bulaklo di Pantai Semilir (putri)
Outbond MI Bulaklo 2021
Outbond MI Bulaklo di Pantai Semilir (putra)

Alasan pantai Semilir dipilih sebagai tempat outbond adalah lokasinya yang bagus, tata letak tanaman yang indah, dan pesisir pantai yang menawan. Sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat outbond dan kegiatan ekstra lainnya.

Agenda dalam outbond

Pelaksanaan outbond dimulai dengan pembukaan. Selanjutnya, dilaksanakan pembagian team oleh pendamping outbond. Outbond berlangsung, kurang lebih selama 2 jam. Outbond berlangsung asik dan seru. Siswa-siswi peserta outbound nampak antusias dalam kegiatan. Antusiasme tersebut, nampak saat peserta outbond menyelesaikan tantangan berupa: kode morse berisi perintah mengambil sampah, lagu nasional, senam keberanian, dan halang rintang.
Outbond MI Bulaklo 2021
Pembekalan Outbond
Outbond mi bulaklo 2021 pantai semilir
Outbond Permainan Air
Outbon MI Bulaklo 2021
Outbond Chalenge
Outbond MI Bulaklo 2021
Outbond Halang Rintang
Outbond MI Bulaklo 2021
Pemberian Reward Peserta dan Kelompok Terbaik

Kegiatan outbond ditutup dengan penentuan kelompok  terbaik pada setiap pos. Kelompok terbaik kategori umum, dan peserta terbaik kategori umum.pembagian hafiah dilaksanakan di tempat pemandian jatiwangi di Kabupaten Tuban. Suasana pembagian hadiah, nampak bergemuruh dengan sorak dan teriakan peserta outbond

Adanya outbond ini, diharapkan membawa manfaat, pengalaman, dan pelajaran bagi peserta didik. Sehingga peserta didik semakin semangat belajar dan bertambaah pengalaman serta kontrol emosional yang semakin baik.

1 komentar

Sampaikanlah Komentar dengan baik dan bijak serta relevan
Artikel Populer