MI Bulaklo Kenalkan Edukasi Gerabah Kepada Siswa Siswi

Wisata edukasi gerbah bertempat di desa Rendeng Kecamatan Malo. Edukasi gerabah yang kami kunjungi ini, merupakan wisata edukasi yang berada dibawah naungan BumDes Rendeng Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro.

Wisata Edukasi Gerabah

Tempat wisata ini dikelola oleh pemuda karangtaruna desa Rendeng. Berdasarkan penjelasan team yang ada di lokasi, wisata edukasi ini didirikan pada tahun 2014. Terhitung semenjak terbitnya poatingan ini, sudah sekitar 8 tahun wisata gerabah tersebut didirikan.

Para wisatawan dimanjakan dengan model gerbah yang beraneka macam. Mulai gerabah yang berbentuk hewan buas, hewan lucu, serta gerbah bermotif anime seperti doraemon dan naruto yang sangat diminati anak-anak.

Tak hanya gerbaha bermotif hewan dan anime. Gerabah berupa cobek, layah, dan kendi juga tersedia di sana. Para wisatawan, dapat memperoleh gerabah tersebut dengan kategori yang relatif murah. Gerbah tersedia mulai harga 3000 rupiah hingga puluhan ribu.

Beli Gerabah Murah
Wisatawan Borong Gerabah

Cobek kecil dapat diperoleh dengan harga 3 ribuan. Adapun cobek besar (layah) dijual mulai 5 ribuan. Anime sepwrti naruto, batman dan lain sebagainya dijual mulai harga 10 ribuan. Terkait harga bisa berubah sewaktu-waktu ya Sob. Yang jelas harga gerabah di sana tergolong murah. Misalnya,  harga cobek dan layah yang berkisar 3-5 ribuan saja.

Peserta Edukasi

Pengenalan edukasi gerabah diikuti oleh siswa siswi kelas 1,.kelas 2, dan kelas 3. Orang tua siswa turut serta dalam mendampingi putra putrinya. Tiga elf berisi siswa siswi beserta guru. Tiga elf selanjutnya beriaikan wali murid dari siswa siswi kelas 1 sampai kelas 3. Total armada yang dibawa adalah 6 elf dan 1 unit mobil pribadi.

Kegiatan siswa di wisata gerabah

Setibanya di wisata gerabah, armada langsung fisambut oleh tim pelaksana edukasi yang sudah berkoordinasi dengan lembaga sepekan sebelumnya. Armada edukasi terlebih dahulu melaksanakan sarapan pagi bersama-sama. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembukaan edukasi gerabah.

Pembukaan Pelatihan Edukasi Gerabah Kepada Siswa

Wisata edukasi gerabah ini bertempat di desa Rendeng kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro. Di dalam edukasi gerbah yang dilaksanakan , siswa siswi diajari cara membuat gerabah dengan berbagai teknik seperti: teknin patung dan teknik cetak.

Siswa siswi juga diajari cara mewarnai gerabah oleh tim edikasi gerabah. Mulai dari, cara mewarnai bada patung, tangan, kaki, dan sebagainya. Siswa siswi nampak riang gembira saat praktik membuat gerabah. Kesenangan semakin memuncak tatkala hasil karya mereka dibagikan untuk dibawa pulang disertai oleh² gerabah dari pusat pelatihan. Semangat terus nak kanak... Kembangkan bakatmu... Sukses untukmu!

Pelatihan Pembuatan Gerabah

Selepas dari wisata gerabah, siswa siswi melanjutkan perljalanan ke kolam renang yang tidak jauh dari wisata edukasi. Tanpa berbasa basi, siswa langsung turun dari elf, sambil berbondong-bondong tidak sabar menuju kolam renang. Siswa nampak asik bermain air. Sehingga, kurang lebih satu jam tak terasa, lamanya mereka bermain air.

Kunjungan siswa di kebun belimbing

Usai sudah edukasi dan wisata yang dilakukan armada kami di Kecamatan Malo. Selanjutnya, armada beranjak ke wisata kebun belimbing yang berada di Kecamatan Kalitidu. Waha segar belimbing terlintas di pikiran rombongan. Tak sabar hati ingin segera tiba di sana.

Tiba sudah di kebun belimbing. Harga tiket masuknya cukup murah. Dengan 3000 rupiah saja, wisatawan dapat menikmati kerumunan pohon belimbing hijau nan segar. Buah belimbing di sana di jual mulai harga 5 ribuan perkilo. Ada juga belimbing yang dijual 10 ribu perkilo (jumbo).

Berdasarkan percakapan Kami dengan beberapa penjual, kebun belimbing ramai pengunjung dan pembeli pada bulan Desember. Karena pada bulan Desember adalah panen raya belimbing.

Harga belimbing pada musim panen sangat murah. Dengna 10 ribu rupiah, para pengunjung dapat memperoleh belimbing 3 kilogram. Ingin mencoba senasi belimbing yang murah meriah?? Coba ke kebun belimbing pada akhir bulan Desember.

Panjang sudah, apa yang kami sampaikan. Terima kasih atas kunjungan pemirsa di laman web MI Bulaklo. Bagikan postingan ini jika dirasa bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian di bawah postingan ini. Sampai juga lagi pada postingan selanjutnya. Terima kasih.

Posting Komentar

Sampaikanlah Komentar dengan baik dan bijak serta relevan
Artikel Populer