Tari Manuk Dadali dan Karakteristiknya

Sejarah Tari Manuk Dadali

Di perkirakan bahwa tari ini tercipta pada taun1972 dan pada taun tersebut, sedang marak sebuah tembang atau lagu dengan bahasa sunda yang sering di nyanyikan oleh masyarakat umum. Lagu tersebut di ciptakanoleh seorang seniman dan jurnalis bernama sambas mangundikarta yang tumbuh dan besar di daerah bandung.

Asal Tari Manuk Dadali
Sumber: gramedia.com

Fungsi dan Makna Tarian

Gerakan tari manuk dadali memiliki makna untuk menunjukkan rasa nasionalisme pada negara Indonesia seperti makna lagunyalagunya.  Tak heran jika tari manuk dadali tak hanya berfungsi sebagai tari hiburan, namun juga sebagai sarana edukasi tentang rasa cinta tanah air.

Properti Tari Manuk Dadali

Manuk dadali juga menggunakan properti khusus seperti busan, aksesoris, dan alat musik pengiring. Busana yang dikenakan baju khas Sunda dengan sayap. Penari juga mengenakan aksesoris berupa selendang, gelang, serta mahkota atau hiasan kepala. 

Pola Lantai Tarian

Berdasarkan beberapa ragam pola lantai Tari manuk dadali,  yaitu pola dasar lurus, pola dasar melengkung, dan pola dasar zig-zag. Ragam pola lantai ini memberikan kesan dinamis, sehingga tarian juga terlihatlebih indah dan tidak monoton.

Oleh: Siti Salma Cahaya Nur Khamilah

Posting Komentar

Sampaikanlah Komentar dengan baik dan bijak serta relevan
Artikel Populer