Tari Kipas Pakarena Asal Sulawesi Selatan

Asal dan Sejarah Tari Kipas Pakarena

provinsi Sulawesi selatan mempunyai banyak sekali kesenian tradisional. Dengan salah satunya yaitu kesenian tari daerah yang populer bagi masyarakat Indonesia. Tari kipas Pakarena namanya, tarian ini adalah tarian daerah yang berasal dari daerah Goa. Provinsi Sulawesi selatan.

Tari Kipas Pakarena
Sumber: gramedia.com

Tarian tersebut ditampilkan ketika ada suatu acara-acara yang sifatnya yaitu menghibur maupun sebagai pelengkap ketika ada upacara adat. Selain digunakan sebagai acara tersebut,tari kipas Pakarena juga dipertunjukkan sebagai bentuk promosi wisata daerah Sulawesi selatan. 

Fungsi dan Makna Tari

tari kipas ini diselenggarakan sebagai bentuk tarian ritual. Memiliki tujuan untuk ungkapan rasa syukur dan terimakasih kepada bumi dan langit. 

Pola Lantai Tari Kipas Pakarena

Belah ketupat, diagonal, lurus vertikal, jajaran genjang, lingkaran, dan pemecahan penari menjadi 2 bagian yaitu 2 penari di sudut kiri belakang dan 2 penari di sudut kanan depan.

Properti Tari

Baju Bodo (Baju bodo adalah pakaian tradisional masyarakat Bugis makasar), Sarung (Sarung yang dipakai dalam tarik kipas dulunya tidak memiliki corak), Selendang, dan Kipas.

Oleh: Najwa Zida K.


Posting Komentar

Sampaikanlah Komentar dengan baik dan bijak serta relevan
Artikel Populer