Sambut Kemerdekaan NKRI Ke-77 MI Bulaklo Layangkan Antologi Cerpen Bertajuk "Hari Merdekaku Hari Merdeka Bangsaku"

MI Bulaklo - Cerpen Bertajuk "Hari Merdekaku Hari Merdeka Bangsaku", merupakan antlogi cerpen yang memuat karya siswa/sswi kelas enam pada bulan Agustus kemarin. Hadirnya antologi cerpen ini, sebagai media untuk mengasah kemampuan siswa dalam menulis. Serta untuk menanamkan rasa Nasionalisme sejak dini terhadap anak-anak. Selamat membaca.

cerpen kemerdekaan siswa
Sumber Gambar: Pixabay

(1) Hari Merdekaku Hari Merdeka Indonesia
Oleh : Anggun Lailiyatul magfiroh

Hari ulang tahun kemerdekaan negara Indonesia tanggal 17 Agustus 1945. Semua warga menyambut ulang tahun kemerdekaan dengan riang gembira. Semua warga mengibarkan bendera sangsaka merah putih untuk menyambut hari ulang tahun kemerdekaan dan mengadakan lomba makan kerupuk, pasang huruf, dan lain sebagainya.

Setelah itu, masih ada jalan santai bersama-sama di lingkungan untuk memeriahkan ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Setelah itu, juga masih ada gotong royong  atau membersihkan lingkungan untuk menyambut ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang kami tunggu.

Dan setelah itu masih ada do'a untuk memperingati tanggal 17 Agustus 1945 atau ulang tahun kemerdekaan negara Indonesia. Pada tanggal 17 Agustus di desa ku mengadakan upacara bendera di balai desa untuk menyambut datangnya ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-77.

(2) Hari Merdekaku Hari Merdeka Bangsaku
Karya : Fadilatus Syifaul Janah

Setiap tanggal 17 Agustus pemerintah mengadakan upacara bendera untuk memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke-77. Pada tanggal 13 Agustus sekolahku mengadakan pentas seni.yang diwakili oleh kelas 6 putri yang akan mempersembahkan tarian daerah.

Pemerintah didesaku mengadakan lomba dibalai desa.yang terdiri dari lomba anak-anak sampai lomba orang dewasa. Lomba anak-anak terdiri dari lomba makan kerupuk , masukkan paku ke dalam botol,lari kelereng,balap karung dan pasang huruf. Lomba orang dewasa terdiri dari lomba sunggi tampah, makan kerupuk,tenis meja, tangkap belut,adu balon dan tarik tambang.

(3) Hari Merdekaku Hari Merdeka Bangsaku
Oleh:Desta Azzamia Zahra

Perjuangan Merdeka Akan Selalu Kita Kenang Dan Pengorbanan Nyawa Mereka Tidak Akan Pernah Pudar Dari Ingatan Bangsa Ini. Oleh Karena Itu,,, Marilah Kita Merayakan Hari Kemerdekaan Ini Dengan Semangat Para Pahlawan Kita.

Marilah Membiasakan Diri Untuk Menjadi Pribadi Yang Baik,Jangan Pula Kita Menjadi Penjajah-Penjajah Modern Yang Menindas Bangsanya Sendiri. Marilah Menjadi Pribadi Yang Memiliki Komitmen Dan Prinsip, Janganlah Mengkhianati Para Pahlawan Kita Dengan Melakukan Pekerjaan Yang Berlawanan Dengan Moral Dan Hati Nurani.

(3) Hari Merdeka Hari Merdeka Bangsaku
Oleh : Naila Zahrotus S

Hari kemerdekaan Indonesia jatuh pada tanggal 17 Agustus, untuk merayakan dan memeriahkan hari merdeka di desaku akan di adakan lomba. Ada beberapa lomba seperti lomba makan kerupuk, lomba tenis meja, lomba kelereng dan masih banyak lagi.

Perlombaan di bagi menjadi 2 kategori, yaitu kategori anak - anak dan orang dewasa. Semua teman teman ku ikut ke perlombaan yg di adakan di balai desa. Teman teman ku sangat semangat dan sangat antusias mengikuti perlombaan itu aku juga sangat senang dengan perlombaan itu sama seperti mereka. Aku juga akan berusaha mengikuti semua perlombaan perayaan 17-an kali ini dan aku harap aku bisa menang.

(4) Hari Merdekaku Hari Merdeka Bangsaku
Oleh: Anang Rizki Athoillah

Perkenalkan  namaku Atho'. Di sini aku akan menceritakan hasil karangan tentang pengalamanku di momen berbahagia hari Kemerdekaan Indonesia tahun 2022. Adapun kegiatan yang aku lakukan bersama teman-teman dalam menyemarakkan HUT ke-77 RI, yaitu mengadakan lomba balap kelereng. Pesertanya, yaitu anak-anak kelas 1-6.

Perlombaan dimulai setelah salat isya, yaitu pukul 19.00 WIB. Pendaftaran langsung kepada panitia perlombaan, yaitu kakak-kakak KKN dari UNIGORO. Perlombaan berlangsung seru dan sportif. Setiap kali pertandingan dipanggil 3 peserta dan diambil 1 pemenang. Hingga saatnya namaku dipanggil, dengan semangat aku memasuki area pertandingan.

Ketika hitungan ke-3, aku berjalan, baru beberapa langkah kelerengku jatuh dan aku langsung mengambil kelereng yang jatuh tadi. Dan aku langsung berjalan lagi menuju finish, namun yang terjadi aku kalah cepat sampai digaris finish, meskipun aku kalah tetapi aku tetap bangga bisa ikut berpartisipasi memeriahkan acara kemerdekaan di desaku.

Meskipun aku sudah selesai bertanding, tetapi aku masih tetap di area pertandingan untuk melihat teman-temanku yang bertanding, tepat Pukul 22.00 WIB pertandingan selesai, dan akupun pulang.

(5) Hari Merdekaku Hari Merdeka Bangsaku 
Karya: Unzyla Rizkika Dwiyana 

Setiap tanggal 17 agustus desa bulaklo mengadakan lomba dibalai desa. Mulai dari lomba anak - anak, sampai lomba orang dewasa. Lomba anak-anak terdiri dari lomba makan kerupuk , memasukkan paku dalam botol , lomba kelereng balap karung dll

Ada juga lomba orang dewasa yang terdiri dari lomba tarik tambang , tenis meja , sunggi tampah, adu balon, tangkap belut dll

(6) Hari Merdekaku Hari Merdeka Bangsaku
Karya: Bitta zali ecma azhami

Bulan agustus adalah bulan yang bersejarah bagi bangsa Indonesia di karenakan pada bulan tersebut telah lahir yang di namakan negara kesatuan republik Indonesia. Di bulan agustus seluruh rakyat Indonesia diharuskan mengibarkan bendera merah putih dan di desa-desa di adakan berbagai macam kegiatan untuk memeriahkan dan merayakan hari kemerdekaan.

Di desa saya ada berbagai macam perlombaan pada malam hari di antaranya perlombaan tenis meja,makan kerupuk,tarik tambang,Dll. Dan pada tanggal 17 Agustus seluruh rakyat Indonesia melaksanakan upacara bendera yang bertujuan untuk memperingati dan menghormati jasa jasa para pejuang yang telah berkorban untuk bangsa Indonesia.MERDEKA!!

(7) Hari Merdekaku Hari Merdeka Bangsaku
Karya : Muhammad Raja'ie Ramadhani

Pada Tanggal 17 Agustus Di Peringati Hari Kemerdekaan Indonesia. Pada Tanggal 17 Agustus Aku Mengikuti Berbagai Macam Lomba. Mulai Dari Lomba : Kepruk Kendil, Memasukkan Paku Dalam Botol DLL.

Pada Hari Itu Saya Mengikuti Lomba Memasukkan Paku Dalam Botol. Dan Saat Itu Saya Sangat Senang Bisa Mengikuti Lomba Di Hari Itu. Pada Saat Itu Saya Dan Teman - Teman Sangat Menikmati Ramainya Orang Di Tanggal 17 Agustus, Yaitu Hari Kemerdekaan Indonesia.Saat Itu Saya Dan Teman - Teman Menonton Lomba Dengan Senang Dan Tawa. Sambil Memakan Jajanan Yang Kita Beli.

(8) Hari Merdekaku Hari Merdeka Bangsaku
Karya: Lailatul Badriyah

Tanggal17Agustus ialah hari kemerdekaan Indonesia. Biasan-ya, sekolahku menga-dakan upacara perin-gatan kemerdekaanIndonesia.yang dilakukan dibalai raya.dan upacara dilaksanakan tepat tanggal 17 Agustus pada pagi hari.

Aku beserta kelua-rgaku sangat menunggu datangnya bulan Agustus.karna dibulan banyak yang memasang bendera merah putih disepanja- ng jalan di desaku.te-rmasuk orang tua ku. Pemerintah dide-saku biasanya menyelenggarakan lomba untuk memperingati kemerdekaan Indonesia. Ada bermacam-macam lomba diantaranya lomba makan krupuk,balap karung, egrang, panjat pinang dan masih banyak lagi.

Setelah diadakan lomba,diadakan juga jalan santai atau ja-lan mengitari desa dengan santai.setelah jalan santai dilakukan pembagian ku-pon dimulai. Siapa yang beruntung akan mendapatkan hadiah.

Pada malam kemerdekaan Indonesia dilakukan do'a bersama.untuk mendo'akan para pahlawanyang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia dan untuk mengenang jasanya 

Pahlawan yang gugur di medan tempur.do'a dilakukan setelah salat magrib.

Setelah salat isya'ada pemutaran flim ketika Indonesia dijajah.antusias warga menonton flim menandakan warga sangat menghargai jasa-jasa para pahlawan.

(9) Hari Merdekaku Hari Merdeka Bangsaku.
Karya: Siti Lusiana

Dahulu pada Tahun 2020, Bulan Agustus, tanggal 17,merupakan hari kemerdekaan Indonesia, Dan pada tahun 2018 di saat            hari kemerdekaan Indonesia ,ada yang namanya lomba ,dan juga ramai sekali, Namun pada Tahun 2020 di saat kemerdekaan Indonesia ,terlihat sepi dan tidak ada lomba,

Dan sekarang adalah Tahun 2021, Tanggal 17 Agustus,dan di situlah muncul kembali yang namanya lomba Agustusan, Dan di situ ada bermacam macam lomba yang di antaranya ada lomba balap karung,balap egrang,dan lain sebagainya ,

Tetapi pada tahun 2018 tempat lomba tersebut di balai desa, namun pada tahun 2021 bukan lagi di balai desa, Dan itu tidak seru  karna bukan di balai desa dan saya membayangkan semoga saja di tahun ini di balai desa,,

Pada tahun 2020 itu mengapa kok tidak ada perlombaan padahal itu untuk memperingati hari Kemerdekaan Indonesia , dan ternyata tidak adanya perlombaan di karenakan ada nya virus covid 19, Dan pada tahun 2022 saya berharap akan di adakan perlombaan di Balai desa, karena saya ingin mengenang masa kemerdekaan dahulu. Indonesia Tetap semnagat.

(10). Hari Merdekaku Hari Merdeka Bangsaku
Karya: Yeni Fifilia Ariyanti

Setiap 17 agustus selalu ada perayaan seperti lomba,upacar dll . 17 agustus adalah hari merdeka nya indonesia, pengibaran sang merah putih dan porklamasi di baca kan oleh Ir . Soekarno dan yg menjahit bendera sang merah putih adalah ibu Fatmawati ia adalah seorang wanita yg menjahit bendera indonesia.

Apa kamu tahu di mana Ir.soekarno membaca teks porklamasi nya?? Ya di gedung Jl. Pengangsaan timur no.56 jakarta dan di dampingi oleh Drs.Mohammad Hatta Ir. Soekarno pernah di culik lauh!! Kobisa ya?? Ya Ir.soekarno pernah di culik oleh golongan pemuda, yaitu sukarni,chairul saleh, dan wikana, siapa saja yg di culik ?? Drs.Mohammad Hatta,Ir.soekarno mereka dibawa ke Rengasdengklo Mengapa golongan pemuda melakukan nya?? Ya karena mereka takut kalau golongan tua di hasut oleh pihak jepang

(11) Hari Merdekaku Hari Merdeka Bangsaku
Karya: Vania Zahrotul Hima

Indonesia merupakan negara republik dengan bentuk kesatuan. Di dalam rumusan dasar negara, tempatnya sila ketiga pancasila bahkan memuat persatuan Indonesia. Sebagai bagian dari warga negara indonesia, kita patut memaknainya dengan benar. Kesatuan dan persatuan menjadi hal penting bagi negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Peran sebagai warga negara tidak hanya sebatas memakai hal suara saat pemilihan umum saja. Warga negara yang baik tahu persis hak dan kewajiban nya. Sebagai warga negara kita wajib menjaga persatuan dan kesatuan. 

Cita-cita bangsa indonesia adalah melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia, memajukan kesejehteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.

(12).  Hari Merdekaku Hari Merdeka Bangsaku
Karya: Ahmad Nafis Abdillah

Ada macam-macam suku bangsa yang ada di indonesia dan adat istiadat yang berbeda. Ada jawa ada sunda ada batak,  bali dan madura, dan masih banyak lagi suku bangsa yang lainnya. Aku bangga jadi anak indonesia, ayo kita jaga bersama Persatuan dan kesatuan indonesia. Terma kasih

(13) Hari Merdekaku Hari Merdeka Bangsaku
Karya: Amelia Faizatul Ummah

Perkenalkan nama saya amelia faizatul ummah. Saya di sini adalah siswi kelas 6 MiI bulaklo.Disini saya akan menyampaikan cerita tentang "Peringatan 17 Agustus yang meriah di indonesia.karena pada bulan ini,hampir sebulan penuh,warga masyarakat di indonesia mempersiapkan peringatan hari kemerdekaan indonesia pada tanggal 17 agustus.Sejak awal bulan,rapat rapat mengenai penyelenggaraan telah diadakan dan pelaksanaannya pun dapat hingga akhir bulan.

Di kampung saya,pada hari minggu pagi di awal bulan agustus,para remaja dan bapak bapak telah berkumpul di balai RW. Mereka membagi tugas untuk membersihkan,merapikan,serta menghias kampung.ada yang merapikan pepohonan di sepanjang jalan utama,ada yang memasang umbul umbul,ada yang memasang hiasan yang di gantung di sepanjang gang,dan ada pula yang mengecat gapura.

Pada sore hari,anak anak di kampung saya bersiap siap mengikuti perlombaan yang diadakan oleh para remaja.dari lomba Makan krupuk,memasukkan klereng,memasang ekor hewan,dan mewatnai untuk anak anak tk.ibu ibunya pun tidak tinggal diam saja.ada lomba memasak dan memasang riasan wajah tanpa cermin.suasana sore sangat meriah di kampung saya.

Pada malam tiratakan,semua warga berkumpul di balai rw.menyanyikan lagu Indonesia raya dan mendengarkan cerita cerita perjuangan dari para pejuang yang dinudang untuk hadir.acaranya tidak lama.setelah itu,beberapa orang masih di balai rw.mereka bernyanyi nyanyi hingga tengah malam.sungguh,dari sekian banyak acara yang menarik,hanya acara ini yang tidak saya sukai.karena mengganggu ketenangan di malam hari.

Terima kasih atas kunjungan sobat sekalian di website lembaga pendidikan MI Islamiyah Bulaklo. Bagikan postingan ini jika dirasa bermanfaat. Dan jangan lupa tinggalkan komentarnya di bawah postingan ini. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya. Terima kasih.

2 komentar

Sampaikanlah Komentar dengan baik dan bijak serta relevan
Artikel Populer