Mengenal Lebih Dalam Tari Pendet Dari Bali Beserta Karakteristiknya

Asal Tari Pendet
Sumber: id.wikipedia.org

Sejarah dan Asal Tari Pendet

Tari pendet berasal dari bali, tari ini awalnya diciptakan pada tahun 1950 oleh seorang seniman bernama Wayan rindi sebagai penyambutan tamu tamu penting. Tari pendet awalnya dimainkan oleh sekelompok wanita bali yang membawa dan menari sambil memegang mangkuk porselen yang berisi bunga dan air suci. tari ini kemudian menjadi populer dan sering dipentaskan dalam berbagai acara seperti upacara keagamaan, pernikahan, dan festifal seni budaya di bali.

Fungsi Tari Pendet

Tari pendet memiliki dua fungsi, pertama adalah sebagai tari wali dan dipentaskan di dalam pura ketika upacara keagamaan serta budaya. Kedua adalah sebagai tari balih - balihan yang dipentaskan ketika akan menyambut tamu. 

Properti Tari Pendet

Properti yang dikenakan penari pendet adalah gelang, kalung, mahkota, selendang, serta anting anting. Adapun properti lain yang digunakan yaitu bokor atau nampan cekung yang diisi bunga berwarna warni serta janur kuning.

Pola Lantai Tari Pendet

Pola lantai tari pendet terbagi menjadi empat yaitu pola garis lengkung, pola garis lurus horizontal, pola garis lurus vertikal, dan pola lurus berjajar.

Oleh: Barirotul Badi'ah

Posting Komentar

Sampaikanlah Komentar dengan baik dan bijak serta relevan
Artikel Populer