Tari Jaipong dan Karakteristiknya dalam Sejarah

Dulu tarian ini di jadikan sebagai hiburan bagi masyarakat. Tarian jaipong adalah sebuah inovasi yang di buat oleh seorang seniman yang berasal dari daerah karawang bernama H. Suanda.

Tari Jaipong
Sumber: wikimedia.org

Haji suanda merupakan salah satu seniman berbakat yanh berasal dari daerah karawang. Beliau mempunyai bakat yang luar biasa.

Fungsi tari jaipong

Selain sebagai wujud kebudayaan, Taro jaipong juga kerap menjadi hiburan bagi masyarakat. Bahkan,tari jaipong menjadi salah satu ikon untuk memperkenakkan kebudayaan jawa barat. 03 Agustus 2022.

Properti tari jaipong

Tari jaipong menggunakan beberapa proprti khas yang akan di gunakan oleh setiap penari. Dilasir dari laman bobo, properti tari jaipong antara lain sampur atau selendang yang akan di kenakan di leher, apok atau baju atasan penari dan sinjang atau kain panjang untuk celana panjang yang di gunakan para penari. 22 Agustus 2022.

Pola lantai tari jaipong

- formasi pola lantai tari jaipong formasi dengan pola lantai diagonal V digunakan pada awal pembukaan tari jaipong gerakan yang digunakan adalah bukaan dalam formasi Ini satu orang penari di depan sebagai pusatnya kemudian penari lainnya berbaris melebar sehingga membentuk huruf V. 20 Februari 2024.

Oleh: Almira Istikharoh 

Posting Komentar

Sampaikanlah Komentar dengan baik dan bijak serta relevan
Artikel Populer